Dua jenis pilihan pelapis dinding yang sering disandingkan satu sama lain adalah cat dan wallpaper dinding. Kedua jenis memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri, sehingga tidak dapat dikatakan mana yang lebih unggul. Namun, saat ini banyak orang sedang kembali menggemari penggunaan wallpaper. Penggunaan wallpaper pada rumah memiliki sejarah panjang dimana pada awalnya digunakan di Cina pada sekitar tahun 200 SM. Kemudian menyebar ke seluruh dunia dan sempat menjadi primadona pada abad 18-19 di Eropa. Namun pada awal abad ke-20 wallpaper sempat turun pamor dan banyak yang lebih memilih menggunakan cat. Sekarang, wallpaper kembali diminati karena berbagai alasan.

Cara memasang wallpaper untuk eksterior rumah

Penggunaan wallpaper untuk interior rumah bukanlah sesuatu yang membingungkan, namun menyenangkan karena menawarkan berbagai pilihan untuk bermain-main dengan corak, tekstur dan warna. Namun, ketika menggunakan wallpaper untuk eksterior rumah Anda bisa menjadi strategi desain yang tidak biasa dan sulit. Dengan cuaca yang tidak terduga, area yang terbatas dimana Anda bisa memasangnya maka akan cukup sulit menentukan bagaimana Anda akan menggunakan wallpaper untuk bagian luar rumah Anda. Namun, dengan berbagai desain dan material yang tersedia di toko wallpaper dinding Anda bisa menghias ekterior hunian Anda dengan wallpaper yang sesuai keinginan Anda dengan memperhatikan cara-cara berikut.

1. Persiapkan dinding sebelum memasang wallpaper

Pemasangan wallpaper untuk eksterior pada hakikatnya tidak jauh berbeda dengan pemasangan pada interior rumah. Namun, wallpaper sangat rentan dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Wallpaper yang terpapar lembab dalam jangka waktu lama dapat mengelupas, rusak bahkan menjadi tempat berkembang biak jamur. Anda dapat mencari toko yang jual wallpaper dinding murah dengan kualitas baik untuk melapisi bagian luar rumah Anda yang memiliki kadar penyerapan air rendah. Meskipun dengan kualitas tinggi, sebelum memasang wallpaper pada dinding luar rumah pastikan Anda telah membersihkan tembok dan melapisinya dengan waterproofing untuk menghindari kelembaban tinggi. Wallpaper yang terbuat dari vinyl juga dapat Anda gunakan karena mudah dibersihkan dan tahan air. Ukuran wallpaper dan dinding juga harus diperhatikan sebelum memasang terutama jika wallpaper yang Anda pilih memiliki motif atau corak tertentu yang harus terlihat rata dan sejajar.

2. Tempel perekat pada bagian belakang wallpaper

Dengan menggunakan kuas atau roller cat, aplikasikan perekat wallpaper secara merata. Ulangi proses ini beberapa kali untuk memastikan perekat telah tersebar dengan merata pada wallpaper. Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak melapisinya terlalu tebal sehingga wallpaper basah karena akan merusak wallpaper. Setelah itu, jangan langsung Anda tempelkan namun beri waktu sekitar 5 menit supaya perekat meresap dengan sempurna pada bagian belakang wallpaper. Setelah itu tempelkan wallpaper pada dinding Anda.

Baca juga: DAFTAR CAT TEMBOK MURAH TAPI TIDAK MURAHAN

3. Rapikan wallpaper yang sudah menempel pada dinding

Ketika memasang wallpaper yang basah oleh perekat, maka akan ada udara yang terjebak antara dinding dengan wallpaper serta perekat berlebih yang menempel di permukaan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena cukup dengan air bersih dan sponge maka Anda dapat membersihkan sisa perekat serta menghilangkan gelembung-gelembung udara dengan cara melap permukaan wallpaper secara perlahan-lahan. Pastikan sponge tidak terlalu basah karena akan merusak wallpaper yang baru saja Anda pasang. Untuk kertas wallpaper yang berlebih Anda dapat memotong lebihan tersebut dengan cutter atau silet.

 

4. Ulangi proses hingga semua dinding terlapisi dengan baik

Ulangi proses pemasangan tersebut secara berurutan untuk mendapatkan hasil yang baik. Pastikan setiap wallpaper yang akan ditempel sejajar dan lurus dengan pola sebelumnya supaya rumah Anda terlihat cantik dan sesuai keinginan Anda.

Mungkin belum banyak toko wallpaper dinding yang menyediakan material khusus untuk wallpaper eksterior. Namun Anda tidak perlu khawatir karena wallpaper dapat dipasang untuk interior maupun eksterior, hanya proses pemasangannya saja yang sedikit berbeda. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi toko wallpaper yang jual wallpaper dinding murah dan percantik hunian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *