Plafon digunakan sebagai pelapis atap agar tidak mudah mengalami kebocoran. Selain itu, penggunaan plafon juga bisa memperindah ruangan. Berbagai hal bisa menyebabkan plafon jebol atau rusak. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Biasanya penggunaan partisi juga harus dikaitkan ke bagian plafon agar lebih kuat dan bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu biasanya jasa partisi akan menggunakan material pemisah ruangan yang sesuai dengan jenis plafon. Jika tidak sesuai maka bisa saja mengakibatkan kerusakan pada plafon. Plafon ini juga bisa digunakan untuk pembatas sebuah ruangan untuk itu fungsinya harus disatukan bersama dengan penggunaan partisi.

Memperbaiki Plafon yang Rusak Untuk Sementara Sesuai Bahannya

Terdapat dua jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat plafon, yaitu bahan multipleks dan bahan gypsum. Plafon gypsum akan sangat cocok jika dipadukan dengan partisi kayu. Hal ini bisa membuat konsep ruangan semakin elegan. Kedua bahan plafon ini memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk itu cara memperbaikinya juga berbeda. Berikut simaklah cara mengatasi kerusakan plafon sesuai dengan jenis bahannya.

  • Gypsum

Material gypsum memang cocok digunakan dengan partisi kayu. Selain bisa menghasilkan plafon yang kuat dan bisa memisahkan ruangan dengan baik, penggunaan kedua material ini sangat menunjang keindahan sebuah ruangan. Jika terjadi kerusakan pada plafon yang menggunakan material gypsum, maka Anda bisa melakukan perbaikan hanya pada bagian tersebut. Gypsum terdiri dari material yang dilapisi sebuah kertas yang cukup kuat. Dengan begitu maka Anda bisa dengan mudah untuk memotong bagian gypsum dan digunakan untuk memperbaiki bagian yang rusak. Gypsum memang kuat terhadap benturan sehingga tidak mudah patah. Namun Anda bisa memotongnya dengan mudah. Untuk memotongnya dengan rapi Anda bisa menggunakan gergaji kecil. Anda bisa memotong bagian plafon yang rusak dan membentuk sebuah lubang. Nantinya lubang tersebut akan Anda tambal kembali dengan potongan gypsum yang sudah disiapkan. Setelah Anda menutupnya, tambahkan kompon untuk meratakan tekstur gypsum. Anda bisa menggunakan cat agar terlihat lebih rapi dan memiliki warna yang sama.

  • Multipleks atau asbes

Ketika terjadi kerusakan pada plafon jenis multiplek ataupun asbes Anda harus segera menggantinya. Asbes atau multiplex dijual dalam bentuk lembaran. Sehingga ketika salah satu bagian mengalami kerusakan maka Anda harus mengganti seluruh bagian lembaran. Anda bisa naik keatas dan mencabut paku dan juga sekrup yang terdapat pada bagian ujung plafon. Kemudian Anda bisa melepas bagian yang rusak kemudian memasang kembali dengan yang baru. Pastikan kondisi plafon masih bagus dan multiples atau asbes diletakkan dengan benar sesuai dengan susunan awal. Anda bisa memasang paku dan juga sekrup untuk menguncinya. Untuk tahap terakhir, Anda harus mengecat ulang bagian plafon yang diganti tadi. Hal ini dilakukan agar warna plafon sama dengan yang lainnya. Dengan begitu maka kerusakan dapat teratasi dengan cepat.

Demikianlah cara mengatasi kerusakan pada plafon yang jebol. Jika plafon jebol maka Anda harus dengan cepat mengatasinya, karena jika tidak bisa mengurangi kenyamanan ruangan. Anda bisa meminta bantuan jasa partisi untuk melakukan perbaikan terhadap plafon. Biasanya penyedia jasa akan berpengalaman untuk masalah konstruksi. Berbagai masalah bisa saja terjadi pada plafon seperti rembes ataupun tertimpa benda yang berat. Hal ini bisa menyebabkan rumah menjadi bocor jika tidak diatasi segera. Tampilan rumah Anda akan terlihat buruk jika plafon tidak langsung diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *