Semakin hari, kondisi cuaca di beberapa kota di Indonesia sangatlah panas. Dengan adanya AC, mengurangi tingkat panas dan mampu menyejukkan kondisi ruangan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga AC dan daya listrik yang digunakan cukup mahal bagi masyarakat menengah ke bawah.

Biasanya, orang yang memiliki gaji lebih, sudah merancangkan memasang AC jauh sejak membangun rumahnya dulu. Hal itu karena pemasangan AC berhubungan erat dengan listrik. Oleh karena itu, akan lebih bijak apabila instalasi listrik dipasang dengan daya yang dibutuhkan, sehingga anda bisa menikmati sejuknya udara dari AC tanpa takut daya listrik tidak cukup.

Namun, bagi masyarakat menengah ke bawah, tetap bisa merasakan dinginnya mesin berbentuk persegi panjang ini. Di hampir semua mal. Kantor bank dan gedung-gedung lainnya, yang menyediakan pendingin sebagai salah satu fasilitas yang bisa dinikmati.

Kerusakan AC Akibat Ulah Pengguna

Memasang AC memang perlu dilakukan oleh teknisi yang sudah terbiasa dengan intalasi AC agar bisa terpasang dengan tepat dan manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Demikian pula dengan perawatannya, Anda harus menghubungi tukang AC jika mengalami kendala-kendala yang terjadi pada AC, akibat kecerobohan penggunanya sendiri, di antaranya:

1. kerusakan pada remote akibat sering dibanting

Cara termudah untuk menyalakan AC adalah melalui remote, tetapi karena sering terbanting, maka sensor remote lama kelamaan akan melemah. Belum lagi, jika anda sering mengutak-atik fungsi dari tombol-tombol remote, akan membuat AC berganti-ganti fungsinya dan tidak sesuai dengan kondisi ruangan. Padahal tukang AC dan kontraktor ME yang ditugaskan memasang dan mengatur fungsi AC pada ruangan rumah, sudah melakukan setting sedemikian rupa agar AC dapat dirasakan maksimal. Namun karena ulah pemakai sendiri, AC jadi cepat rusak.

2. Kompresor pada AC bermasalah karena sering dinyalakan dan dimatikan

Kompresor berperan penting terhadap jalannya mesin pendingin, namun jika anda sering menyala dan mematikan AC secara tidak wajar, maka akan mempercepat rusaknya mesin pendingin yang anda miliki. Setidaknya jangan mematikan dan menghidupkan AC dengan durasi yang cepat karena hal ini akan mempengaruhi kerja kompresor sebagai motor penggerak dari AC. Jika mesin pendingin bermasalah, tentu anda sendiri bukan yang terkena imbasnya.

3. Freon pada AC cepat habis

Freon AC habis

Freon habis biasanya disebabkan oleh kebocoran pada pipa-pipa yang terpasang. Harus dilakukan pengecekan langsung oleh teknisi karena hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli. Freon cepat habis juga dipengaruhi oleh kondisi ruangan yang kotor, sehingga AC menyedot debu-debu dan hal ini justru membuat udara jadi tidak sehat.

4. Listrik tidak stabil

Jika anda ingin memasang mesin pendingin pada rumah, pastikan instalasi listrik berjalan dengan baik karena jika tidak akan sangat bermasalah. Naik turunnya voltase akan membuat AC cepat rusak. Jadi jika anda tidak memiliki daya listrik yang cukup, leboh baik tidak memasang AC dari pada mempercepat rusak mesin AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *