Tips Memilih Parket yang Tepat Agar Rumah Tampak Mewah

Parket adalah sebuah istilah untuk lantai kayu. Istilah tersebut berasal dari kata parqutte yang berarti potongan kayu-kayu yang disusun membentuk lantai rumah. Hingga saat ini, lantai kayu masih menjadi salah satu alternatif lantai agar rumah terkesan elegan dan mewah. Terlebih jika jenis kayu yang digunakan adalah kayu berkelas seperti jati.

Sebelum Anda membelinya, pahami terlebih dahulu cara memilih lantai kayu yang tepat agar kualitas dan desainnya cocok dengan rumah Anda, berikut ulasan lengkapnya:

1. Memerhatikan Kualitas Lantai Kayu

Kualitas harus menjadi pertimbangan Anda yang pertama sebelum membeli. Karena, lantai kayu berbeda dengan lantai keramik. Kayu memiliki cukup banyak potensi yang dapat mengakibatkan kerusakan, sedangkan keramik tergolong minim risiko. Salah satunya adalah kerusakan akibat serangan rayap. Maka dari itu, pilihlah jenis kayu yang kuat dan berkualitas tinggi serta telah mengalami proses pengawatan agar kuat dan tahan dari serangan rayap.

2. Memilih Warna yang Pas Dengan Interior Rumah

Umumnya warna kayu semuanya sama. Namun, di balik kesamaannya tersebut ternyata terdapat beberapa tipe warna berbeda antara satu dengan lainnya jika kita perhatikan secara seksama. Agar tampak matching, pilih warna kayu yang selaras dengan furniture rumah Anda.

 

3. Memerhatikan Kuncian Lantai Kayu

Struktur lantai kayu pada dasarnya mirip dengan puzzle pada saat pengaplikasiannya. Maka dari itu, pilihlah jenis lantai kayu yang memiliki ketahanan kuat pada pengunciannya agar tidak mudah lepas. Kuncian yang kokoh dan kuat adalah persyaratan wajib dalam memilihnya. Karena, lantai kayu yang mudah lepas tentu akan mengganggu kenyamanan dan menurunkan nilai artistik pada interior rumah.

 

4. Sesuaikan Lantai Kayu dengan Selera dan Kepribadian Anda

Anda bebas memilih jenis lantai kayu sesuai selera dan kepribadian Anda. Anda dapat memilih jenis lantai dengan bahan dasar bleached oak, oak hingga afromosia jika ingin mendapatkan warna coklat yang khas kayu.

Seiring dengan berjalannya waktu, lantai kayu ini biasanya akan mengalami oksidasi. Dengan demikian, lama kelamaan warnanya akan semakin gelap.

 

5. Memilih Jenis Lantai Kayu yang Terbuat dari Kayu Solid

Lantai kayu yang solid sangat terjamin kualitasnya. Jadi, untuk Anda yang membutuhkan lantai parket kayu berkualitas dengan desain yang elegan, maka pilihan kayu inilah jawabannya. Lantai ini menggunakan material kayu asli yang terjamin 100% keasliannya. Kualitasnya inilah yang menjadikan harga lantai kayu asli 3 kali lebih mahal dibandingkan dengan lantai kayu lainnya.

 

6. Jangan Lupa Memilih Lantai Kayu Sesuai dengan Budget

Sesuaikan budget dengan lantai kayu yang akan Anda beli. Jika tidak mampu membeli lantai yang terbuat dari 100 % kayu asli, ada beberapa pilihan lain yang bisa Anda gunakan. Jika budget Anda tidak terbatas, kayu solid bisa menjadi suatu pilihan yang tepat.  Ada dua macam jenis yang kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki dana tak terbatas, yaitu kayu jati dan kayu merbau.

Nah itulah cara memilih lantai rumah yang tepat untuk lantai rumah Anda. Lantai kayu masih banyak peminatnya karena lantai ini memiliki tekstur yang mewah dan elegan. Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu Anda memilih tempat yang tepat. Tanyakan juga garansi dan jangan lupa juga untuk memilih tempat tepercaya.

Parket adalah lantai yang tidak hanya cocok untuk rumah dengan desain elegan saja. Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, lantai kayu bisa dijadikan pilihan agar tampilannya tampak lebih elegan dan mewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *