Kaca mulai dikenal dan digunakan masyarakat sejak zaman batu. Kaca yang mula-mula dikenal ini berupa batuan obsidian hasil muntahan lava gunung berapi. Batu-batu ini sangat tajam seperti tajamnya pecahan kaca. Pecahan batuan ini digunakan untuk memotong dan mengiris pada zaman itu, sedangkan pecahan batuan yang kecil dimanfaatkan untuk membuat mata panah.

Kaca dibuat dari pasir silika yang dipanaskan pada suhu diatas 1.400 derajat celsius dan mengalami pendinginan secara cepat. Berdasarkan temuan artefak, Bangsa Syria dari Mesopotamia merupakan bangsa yang pertama kali mengembangkan teknologi pembuatan kaca pada 3.500 tahun SM. Sejak saat itu kaca dikenal dan diproduksi di Mesir juga Romawi hingga meluas sampai kini.

Perkembangan pembuatan kaca mengalami revolusi di Eropa pada abad 15 dimana digunakannya pipa tabung  tiup untuk membuat kaca berbentuk tabung dengan mudah. Sejak saat itu, produk berbahan kaca bentuk tabung seperti gelas dan mangkuk banyak ditemui di hampir seluruh benua Eropa. Sementara kaca berbentuk datar mulai diproduksi pada akhir abad 18.

Jenis Kaca

Kaca yang kita kenal selama ini memiliki ragam yang berbeda untuk keperluan yang berbeda pula. Umumnya kaca digunakan untuk keperluan rumah tangga, tetapi ada juga yang diperuntukkan bangunan, kantor, dan kendaraan.

1. Kaca Bening (Float Glass)

Kaca jenis ini yang paling banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga dan interior perkantoran. Dengan sifatnya yang bening dan berkilau, kaca ini mampu meneruskan cahaya sampai lebih dari 90%. Tak heran kaca jenis ini paling banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga dan interior perkantoran. Kaca ini memiliki ketebalan yang berbeda dari 3 mm sampai 8 mm dan dapat dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Kaca Rayben (Panasap Glass)

Kaca jenis ini agak gelap dan mampu menyerap sinar ultraviolet mencapai 55%. Efek sejuk yang didapat dari kaca ini yang membuat kaca ini banyak digunakan untuk jendela rumah dan perkantoran. Kaca ini memiliki ketebalan antara 6 mm sampai 10 mm dan biasa digunakan untuk eksterior termasuk curtain wall nyak ditemui di gedung tinggi.

3. Kaca Es (Doff Glass)

Kaca jenis ini disebut juga kaca doff atau kaca buram. Kaca jenis ini mampu mereduksi cahaya sehingga tidak membuat silau dan tidak tembus pandang. Kaca buram biasa digunakan untuk interior, kisi-kisi ruang, dan kamar mandi.

4. Kaca Tempered (Tempered Glass)

Kaca ini merupakan kaca yang paling kuat di antara keluarga kaca dimana memiliki kekuatan antara 4 hingga 5 kali dibandingkan dengan kaca bening untuk ketebalan yang sama. Secara fisik, kaca ini tak ada bedanya dengan kaca bening biasa, tetapi memiliki beberapa perbedaan antara lain lebih kuat dan efek pecahan menyerupai butiran jangung saat kaca tersebut pecah. Kaca jenis ini diproduksi berdasarkan kaca bening yang dipanaskan kembali pada suhu 700 derajat celcius yang didinginkan mendadak dengan penyemprotan udara dingin di kedua sisi.

Cara yang dilakukan berulang kali ini akan mengubah sifat kaca menjadi lebih kuat daripada kaca folat. Kaca ini biasa digunakan untuk pintu perkantoran, pintu mall, atau curtain wall. Kaca tempered memiliki ketebalan yang berbeda dari 6 mm hingga 12 mm yang tidak dapat dipotong atau dibor. Pemasangan pada pintu termasuk lubang engsel dan gagang pegangan, semua dikerjakan dipabrik saat pemesanan. Jadi jika nominal yang perlu anda bayarkan untuk harga kaca tempered 10mm misalnya, tentu sudah termasuk customisasi.

Kemudian dalam penggunaan jenis kaca ini kita akan bertemu istilah kaca tempempered terpasang. Maksudnya adalah kaca tersebut telah dibuat menyatu dengan frame maupun aspek pelengkap pengaplikasian lainnya karena itu harganya pun jadi lebih mahal. Kita ambil contoh harga kaca tempered 12mm terpasang, nominal yang dibandrol untuk klasifikasi ini tentu berbeda secara signifikan dengan yang belum terpasangKaca jenis ini tidak tersedia dipasaran. Untuk mendapatkan kaca ini harus melakukan pemesanan secara khusus tentang ukuran, ketebalan, dan desain kaca termasuk lubang kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *