Gorden atau tirai merupakan salah satu material dekorasi yang tidak terlepas dari interior gedung maupun hunian. Seperti yang diketahui, setiap rumah tentu mempunyai jendela yang biasanya dipasangi gorden sebagai penutupnya. Terlebih desain dan motifnya pun beragam, menjadikannya penambah nilai estetis ruangan. Dari mulai bergaya gorden minimalis, hingga mewah dengan paduan motif.

Pada keadaan tertentu, gorden khususnya dari kain, sering mengalami rusak seperti robek yang menjadikan fungsinya tidak maksimal. Jika Anda mempunyai gorden yang robek di rumah, jangan langsung menggantinya dengan yang baru. Coba siasati terlebih dahulu dengan trik berikut!

Satukan dengan Perekat

Kerusakan pada gorden seperti robek, memang sering terjadi. Apalagi jika materialnya terbuat dari kain yang mudah robek jika terkena benda-benda tajam. Ketika sudah robek, selain mengurangi nilai fungsionalitas, dari segi keestetikannya pun jadi berkurang. Namun, tidak ada salahnya mengatasi hal tersebut dengan penambahan perekat atau lem di bagian kain yang sobek.

Jika kerusakan yang terjadi tidak cukup parah dan besar, misalnya hanya goresan kecil, trik ini bisa jadi solusi tepat. Untuk mendapatkan perekat ini pun sangat mudah, terjual bebas di pasaran dan bisa digunakan berkali-kali dalam jangka waktu yang lama. Pengerjaannya pun mudah, Anda cukup rapikan kain gorden yang sobek lantai tutupi dengan lem tersebut.

Jahit Gorden

 

Selain menggunakan perekat untuk mengatasi gorden minimalis Anda yang sobek, pilihan lain yang lebih umum adalah dengan menjahitnya. Menjahit kain yang robek memang jadi andalan di kalangan masyarakat. Bahkan cara ini terkesan murah juga mudah dilakukan oleh siapa saja. Tanpa harus menggunakan mesin jahit, dijahit secara manual pun bisa dilakukan dengan mudah.

Anda hanya perlu menyiapkan benang jahit dan jarum. Usahakan agar benang yang digunakan senada dengan warna gorden agar serasi. Rapikan bagian gorden yang robek, dan mulai jahit sesuai dengan garis gorden itu sendiri. Gorden pun sudah kembali dan bisa digunakan.

Tempeli dengan Kain

Ada kalanya orang-orang beranggapan bahwa menjahit atau menggunakan perekat untuk kain yang sobek, keindahannya jadi berkurang. Apalagi ketika dilihat bekas bagian yang sobek, tentu tidak sedap dipandang. Jika demikian, maka menambali gorden yang robek dengan kain lain bisa dijadikan solusi.

Baca juga: CARI PASIR PASANG BERKUALITAS? CEK DI SINI

Hal tersebut bisa membuat gorden Anda jadi lebih menarik dan kreatif. Anda cukup tambal bagian kain gorden yang robek dengan kain baru. Jika gorden Anda polos, bisa gunakan kain motif atau jika ada, gunakan kain senada. Untuk menambah keindahannya dan tidak terkesan menambal, buat beberapa bagian tambalan kain di sisi lainnya dengan persebaran merata.

Gunakan kain Fusibel

Sebagian orang pastinya sudah tidak asing dengan kain fusibel. Merupakan kain tipis yang biasa digunakan sebagai pelapis dari kain. Kain jenis ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko kain dengan harga sangat terjangkau. Meskipun tipis, siapa sangka bahwa kain ini mampu mengembalikan gorden yang sobek jadi tidak begitu terlihat sobekannya. Siapkan juga kertas perkamen, kain putih, alas dan setrikaan.

Dalam pengaplikasiannya, bisa dimulai dengan menutupi alas setrika menggunakan kertas perkamen atau penutup lain. Hamparkan gorden yang robek di atas alasnya, lalu tutupi dengan kain jaring yang kemudian ditimpa kain fusibel. Basahi bagian tersebut dengan menyemprotkan air, tutupi dengan kain putih. Setelah itu, Anda bisa menyetrikanya kurang lebih 10-20 detik. Cukup tekan bagian yang robek dengan setrika, tidak perlu menggeser. Jika robekan belum sempurna, ulangi kembali.

 

Cara tersebut cukup efektif dan tidak terlalu meninggalkan bekas. Namun, pengaplikasiannya lebih mudah dan berpeluang besar pada kain dengan robekan kecil. Untuk menghindari gorden yang robek, penggunaan roller blind bisa jadi solusi tepat. Apalagi saat ini, tirai gulung sudah jadi tren tersendiri dan bisa menambah kesan ruangan jadi lebih elegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *